Wednesday, November 8, 2017

Presiden Mantu dan Kembang Telang

Sekadar ikut mencatat tanggal Pak Jokowi mantu, 8 November 2017, saya menanam biji kembang telang yang punya nama ilmiah Clitoria ternatea di pot pralon, di pagar depan rumah.





















Wikipedia bercerita bila kembang atau bunga telang.atau juga disebut kembang teleng  adalah tumbuhan merambat yang biasa ditemukan di pekarangan atau tepi hutan. Tumbuhan anggota suku polong-polongan ini berasal dari Asia tropis, namun sekarang telah menyebar ke seluruh daerah tropika. Sejak dulu tumbuhan ini ditanam di pekarangan sebagai tanaman hias karena bunganya yang berwarna biru terang.

Bunganya di berbagai tempat Asia Tenggara dimanfaatkan sebagai pewarna makanan atau kue. Di Malaysia, ekstrak mahkota bunganya dipakai untuk mewarnai ketan. Di Thailand, menjadi minuman penyegar berwarna biru dari ekstraknya dinamakan nam dok anchan (น้ำดอกอัญขัญ). Terdapat varietas dengan mahkota bunga berwarna putih.

Dari gerai LSM Lingkungan Gita Pertiwi saat pameran Hari Pangan Sedunia 2017 se-Jawa Tengah, 4-5 November 2017 di Wonogiri, saya memperoleh biji dan teh tersaji dalam kemasan sachet. Semoga tanaman itu bisa tumbuh guna mengurangi kegersangan pagar besi itu.

Update : terlampir foto tanaman Kembang Telang saya pada tanggal 2 Mei 2018.


















Apakah Anda tidak tertarik untuk juga membuat si bunga biru cemerlang ini ikut mempercantik halaman rumah Anda ?

No comments:

Post a Comment